Jumat, 21 Agustus 2020

Perhatikan 5 Hal Ini untuk Lakukan Tes Kehamilan yang Akurat

Tes kehamilan yang akurat memang perlu dilakukan untuk mengetahui secara pasti apakah benar-benar hamil atau tidak. Hal ini perlu dilakukan segera setelah mengalami gejala kehamilan. Semuanya dilakukan demi menjaga tumbuh kembang janin sejak awal masa kehamilan. Agar hasilnya akurat, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini untuk cek kehamilan sendiri.

Perhatikan 5 Hal Ini untuk Lakukan Tes Kehamilan yang Akurat

1.    Waktu Terbaik untuk Melakukan Tes

Untuk memperoleh hasil tes yang akurat, tentu saja Anda harus memilih waktu yang terbaik. Hal ini dikarenakan hasil tes akan akurat jika dilakukan saat hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) ditemukan dalam rahim. Semakin banyak jumlah hormon ini, semakin jelas pula hasil tesnya.

Kadar HCG tersebut akan terus meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan. Kadar HCG akan terdeteksi setelah 7-12 hari sejak implantasi telur berhasil. Untuk itu, hasil tes akan akurat jika Anda menunggu sampai satu minggu setelah terlambat haid. Waktu tes terbaiknya adalah di pagi hari saat urin pekat, sehingga konsentrasi HCG lebih tinggi dan lebih mudah terdeteksi.

2.    Menyiapkan Alat Tes Kehamilan yang Akurat

Tes dapat dilakukan sendiri dengan test pack. Anda harus memperhatikan kualitas test pack ini. Pilihlah produk yang terpercaya dan berkualitas. Anda bisa membeli test pack strip ataupun digital. Jika ingin lebih akurat, maka Anda bisa beli keduanya untuk digunakan semua. Untuk menjamin hasil tes yang akurat, jangan lupa pilih test pack yang masih baru dan kemasannya masih bagus.

3.    Memahami Petunjuk Tes Kehamilan

Mungkin Anda sudah memahami tata cara tes kehamilan sendiri menggunakan test pack. Akan tetapi, alangkah baiknya membacanya dengan cermat satu kali lagi agar benar-benar memperoleh hasil akurat. Anda dapat membaca petunjuk di kemasan alat tes terkait cara pemakaian alatnya, berapa lama harus menunggu hasilnya, cara membaca hasilnya, kemungkinan tes gagal, dll.

4.    Menunggu Beberapa Waktu untuk Hasil Tes

Waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil tes dengan jelas memang berbeda dari setiap orang. Anda perlu menunggu beberapa waktu sampai hasil tes benar-benar terlihat jelas. Jangan terburu-buru menyimpulkan karena proses munculnya hasil tes memang berproses. Ada yang prosesnya langsung dan ada yang perlu menunggu sampai 3 menit.

5.    Membaca Hasil Tes dengan Cermat

Membaca hasil tes harus dilakukan dengan cermat. Terdapat dua kemungkinan hasil tes yaitu positif dan negatif. Positif ditandai dengan dua garis dan negatif ditandai dengan satu garis. Adapula dua garis tetapi salah satu garis samar, itu tetap diartikan positif. Nah, inilah gunanya menunggu beberapa waktu untuk membaca hasil tes.

Jika hasilnya samar, bisa jadi kehamilan yang terdeteksi masih sangat dini. Jadi, usia kehamilan Anda masih muda. Untuk memastikan hasilnya lebih akurat lagi, segera periksakan kembali ke dokter kandungan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan tes kehamilan sendiri di rumah. Bersabar dan telitilah dalam setiap prosedur tes agar hasilnya bisa akurat. Dengan demikian, kehamilan benar-benar terdeteksi sejak awal dan tumbuh kembang janin dapat dipantau sejak dini. Anda juga perlu mengikuti berbagai diskusi parenting sejak program kehamilan.